Dahsyatnya Ilmu Sedekah [Kisah Nyata Saya Sendiri]

Otak kanan yang hanya di dominasi oleh orang-orang pebisnis.sedangkan otak kiri,pada umumnya di dominasi oleh para karyawan.memang benar,kenyataannya orang-orang di indonesia lebih banyak menggunakan jalur otak kiri ketimbang otak kanan.Hari ini saya ingin menulis tentang Keajaiban Rezeki melalui sedekah.ini hanya catatan menurut saya sendiri,tanpa ada dorongan dari pihak manapun.

Ippho ” right ” santosa,sebagai pakar otak kanan mampu menemukan ide briliannya untuk mempercepat rezeki menggunakan otak kanan.

Tak hanya Ippho,Ustadz yusuf mansyur pun mengajarkan untuk mengamalkan ilmu sedekah.key,sekali lagi ini bukan sebuah review atau testimonial dari pihak terkait.tapi ini memang benar-benar saya rasakan ketika saya mengamalkan ilmu sedekah.Sedekah secara umum masih jarang ada yang mau mengamalkan-nya,padahal ilmu sedekah itu sangat mujarab untuk memancing rezeki.

Oh ya,,sebelum saya mengenal acara-acara tentang hal ini,seperti halnya wisata hati-nya yusuf mansyur,atau baca bukunya Ippho “Right” Santosa..saya sudah mengamalkan ilmu sedekah.cara ini saya tiru dari salah satu saudara (om) yang menjadi salah satu pejabat bank BUMN di jakarta.

Pejabat BANK BUMN

Beliau (om saya) merupakan sosok seorang yang kalem,pendiem,jarang ngobrol (talk less),tapi beliau juga merupakan sosok seorang pejabat yang dermawan,baik hati (tanpa pilih kasih),berwibawa,kharismatik,dan juga suka mendengarkan setiap kata orang lain (menghargai).jadi,setiap orang yang sudah kenal sama beliau (om) pasti kesan-nya baik semua.

Well,singkatnya beliau sering mengamalkan ilmu sedekah.bahkan bisa dibilang hampir selalu.karena kata beliau ” tanpa sedekah sedikit saja dalam kurun waktu beberapa hari,rasanya gelisah,hidup kurang tenang,dsb “.

Berbagi Rezeki Sesama di Bulan Suci dan di Bulan Fitri

Suatu ketika,saat bulan menjelang bulan puasa dan hari raya idul fitri,beliau tak pernah luput yang namanya memberi sedekah untuk kaum dhuafah.itu pun tidak untuk satu desa saja,melainkan untuk belasan desa yang terdapat di kecamatan tempat kami lahir.tidak cuma itu,terkadang bila ia menemukan jalanan sedang rusak (tak layak dilewati) beliau tak segan-segan memperbaikinya menggunakan uang pribadi tanpa meminta ke pemerintah.katanya ” halah lama,itu pun kalo di setujui,nah kalo ngga’,ngapain nunggu lama kalo kita saja sudah mampu “.

Ada juga beberapa orang menanyakan ke keluarga kami.rezekinya kok ngga habis-habis ya.padahal dia tuh sering banget lho bagi-bagi rezeki.ngga tanggung-tanggung lagi,sekali ada pembagian rezeki,belasan desa ikut terciprati..

Kita cuma bisa menjawab ” ya doakan saja,agar keluarga beliau di beri rizki yang lebih banyak agar kita semua ikut menikmati “.

Intinya,secara ngga langsung orang yang di beri rezeki pasti mendoakan yang baik-baik (ngga mungkin ngga).dan pada kenyataannya memang benar,beliau selalu memberikan kesan yang baik kesetiap orang agar setiap jalan hidupnya di beri kesejahteraan bagi dirinya maupun keluarganya.

Okey,itulah sedikit penggalan cerita dari saudara saya mengenai dahsyatnya ilmu sedekah..

Ketika saya di landa cobaan

Kali ini,saya akan menceritakan tentang diri saya sendiri ketika mengamalkan ilmu sedekah.berawal dari mencotoh beliau (om) saya mencontoh apa yang ia lakukan.salah satunya adalah bersedekah..

Beberapa bulan yang lalu,saya sempat mengalami kehidupan yang benar-benar membuat saya prustasi.masalahnya pada keuangan.semua yang saya miliki hampir musnah (terjual satu persatu tanpa sebab yang jelas)..skip>>

Bermula dari Metro Mini (duit tinggal Rp. 8rb)

Intinya,pada masa-masa itu.. sekitar 3 bulan yang lalu.saya mempunyai uang hanya Rp. 8.000,berniat berangkat kerumah temen untuk meminjam uang.saya berangkat kerumah temen naik metro mini (karena si ijo lagi ngambek,butuh di servis) okelah sekali-lagi ngeteng gpp (maksa dikit :D)..

….. ditenga-tengah perjalanan ada seorang kakek-kakek hendak pulang kerumahnya,dan kebetulan duduknya disamping saya.start dari mall citraland ke cengkareng (jak-bar),selang beberapa menit si kondektor itu mintain ongkos.dia (si kondektur) hanya membawa uang tidak lebih dari Rp. 30rb……

…… kebetulan kakek-kakek ini hendak membayar tapi uangnya seratus ribu,itu pun tinggal satu-satunya gan..,spontan si kondektur bilang ” wah gede amat uangnya pak,ngga ada yang kecil “.kakek itu cuma bisa menggelengkan kepala sambil berkata ” ini cuma satu-satunya uang saya nak ” 

Kondektur lagi ; wah ngga ada kembaliannya pak,ini aja ngga ada 30 rb.

Spontan saya keluarkan uang Rp. 4rb untuk saya dan kakek itu.dan saya bilang ” dah bang ini gue sama kakek ini “.. secara langsung kakek itu ngelihatin saya sambil mengucapkan rasa terima kasih.. (saya hanya bisa senyum),dan saya anggap uang itu hilang.karena saya memang tidak berharap apa-apa..

Gagal Ngutang Gan…!!

Selang beberapa menit kemudian saya sampai di rumah teman saya.keperluan pertama adalah mau pinjam uang.tapi kebetulan juga teman saya sedang krisis uang.Yah.. belum rezeki..

Saya hanya bisa pasrah,uang pun tinggal Rp. 4rb,kemudian saya balik lagi kekosan.jadi kepotong lagi sisa Rp. 2rb.mau makan apa ini???.. bingung..seharian belum makan.

Maghrib pun terlewatkan,tapi sesuap nasi belum masuk kedalam perut saya.tiba-tiba ada teman saya yang lain datang kekosan.eh taunya,dia juga mau minjem uang..

nah lho… duit gue aja tinggal Rp. 2rb,gimana gue bisa minjemin loe duit coy.kita sama-sama kere.asal loe tau,seharian ini gue belum makan apapun (termasuk nasi).

Sama-sama gembel…

Didalam kosan dengan suasana sama-sama pusing,sama-sama kere.bener-bener gembel deh.beli nasi sebungkus aja ngga mampu.selang waktu beberapa jam.kira-kira waktu itu jam menunjukkan jam 20.30,klak-klik di dalam kosan bersama teman seperjuangan.ngga lama kemudian,ada telepon masuk dari bu kos-nya teman saya.bu kos itu,mengajak teman saya untuk hadir di acara tahlilan dirumahnya..

Tahlilan Pembawa Rezeki euy… :D

Ikutan ngga ya (gitu kata teman saya),..saya spontan menjawab.dah ikut aja,dari pada disini bengong kayak orang bego.

teman saya pun bilang ” loe ikut ngga?,loe juga ngapain disini meratapi nasib “..somprettt neh bocah.. (dalam hati saya :D)

Ya udahlah yok berangkat……

Nah sampai disana,setelah mengikuti tahilan.makanan tu banyak banget.waduhh rezeki nomplok coyyy..

… Alhamdulillaahhh nikmat banget gitu seharian belum makan..

Ngga cuma makanan aja,tapi di dalam bingkisan itu terdapat amplop putih yang isinya uang Rp.50rb.

Sekali lagi.. Alhamdulillah ya allahhh.. hamba sangat bersyukur kepada mu hari ini..

Itulah sepenggal cerita ketika saya mengamalkan ilmu sedekah,padahal disaat-saat itu saya sendiri sedang dilanda krisis ekonomi.saya percaya bahwa tuhan selalu melihat dan merasakan apa yang di rasakan oleh hambanya.

Note : setiap mengamalkan segala sesuatu,jangan pernah berharap ” Kapan kembalinya “,tapi teruslah berdoa dan memohon agar hidup kita di beri keberkahan.

Created by

Fajaar.com

About these ads

25 thoughts on “Dahsyatnya Ilmu Sedekah [Kisah Nyata Saya Sendiri]

  1. Insyallah dg kemantapan hati,mari saling b’bagi dg org2 diskitar kita yg mmbutuhkan,.

  2. Akan lebih mantap lagi kalau kita jangan ninggalin Tahajud ma Dhuha…., serius mantap bener! Akan ada keberkahan dalam hidup kita….Insya Allah.

    • sangat setuju gan.terlebih sholat Hajat lebih menjurus dr pd tahajjud.intinya : Dhuha,Hajat/Tahajjud,Puasa senin-kamis,sedekah.insya allah dlm 40 hr hdup berubah drastis.masalahnya manusia msh berat melaksanakannya.krna godaaan begitu banyak -_-

  3. jadilah orang yang gemar bersedekah,caranya,.bergaulah sama orang2 susah,makan sama tukang becak,ngopi di warung sama tukang ojek,ngobrol sama kuli panggul dll,kita jadi tau kesusahan mereka,kemudian akan timbul rasa welas asih kita kepada sesama,dan bersyukur atas nikmat ALLAH yang telah memberikan banyak rezeki kepada kita,.ingatlah wahai sahabat,orang bersedekah itu gak dikenal sama penduduk bumi,tapi sangat dikenal sama penduduk langit…yaitu malaikat dan ALLAH.tentu saja,apa kita gak bangga kalo kita diomongin oleh ALLAH SWT,wahai malaikatku.lihatlah..orang itu,dia dalam kekurangan,tapi karena cintanya pada-KU,dia bersedekah karena-KU,kemudian ALLAH SWT tersenyum muannniiiiiisss…banget senyumnya inilah membawa berkah bagi seluruh alam semesta….cobalah bayangkan seperti itu…trimakasih..

  4. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ..بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ . Maaf sebelum, sy detik ini sangat membutuhkan bantuan pinjaman uang 35juta,,,saya mohon dengan sangat adakah yg ♏αÜ membantu,,jazakallah. Jika ada.bisa hub.sy di 081545321233…semoga kebaikan bapak ibu اَللّهُ berlipatganda rejekix, آمــــــــــــــــــين يا ربَّ العَالَمِينْ

  5. saya juga punya pengalaman pahit,uang tinggal 5 ribu,buat makan siang gak cukup,akhir nya beli roti saja yang 2 ribuan sebiji,sekedar ganjel laper,biar gak malu,makan mojok di pos skuriti,tiba tiba ada kucing yang aku lihat benar benar lapar,akhirnya roti itu kubagi dua dengan kucing,dan hal yang menakjubkan,gak lebih dari 1 jam,ada seorang karyawan yang membawa nasi kotak dari perusahaan tersebut,karena karyawan tersebut ingin makan keluar di rumah makan,sungguh ajaib,bersedekah terhadap binatang pun juga mendapat ganjaran yang gak terpekirakan,ku ingat sekali di dalam nasi kotak tsb kalau aku perkirakan berharga 20ribuan,karena ada ayam,telur,kerupuk ikan,buah,puding,kue bolu…ewhm enaks..daripada roti yg 2 ribuan

  6. ane seh setuju tentang keajaiban sedekah,malah suka terkagum-kagum klo lg baca cerita2 gini,cuma yg seringa ane bingung,gimana caranya kita bisa tahu,waktu dimana Alloh bakal ngebalas sedekah kita?

  7. bagusnya di lupain aja gitu gan ya?
    tetep aja suka keingetan, apalagi kalo lagi butuh alis kantong kosong,hehe manusiawi

  8. hai gan, aku py pengalaman klo mau sedekah selalu bilang jangan bilang siapa siapa ya? hehehehe. krn sy ingin sedekah saya hy diketahui ALLAH, dia dan saya. mmg manfaat ini sangat sy rasakan. tp tmn tmn jg hrs ingat bila kita sedekah lakukanlah dg tulus. Jgn berharap dpt imbalan apa lg nama baik. Krn sebagian rejeki yg kita dapatkan terdpt hak anak yatim/piatu/orang yg membutuhkan. Utamakan org yg ada dilingkungan kita sehari hari. Memberi sedekah secara langsung itu lebih menyenangkan dan tersalur dg baik alias tepat sasaran.

  9. Assalamualaikum. kenapa gw dh beberapa thn sering tahajud, puasa, zikir, sodaqoh dll tp nasib gk berubah. gw tambah susah dpt jodoh dan rizki. gw kalau nyari jodoh dan rizki sering dijahati org. gw org nya lugu dan klemar klemer shg dijahati org trs. gw juga di masyarakat kurang dikenal dan kurang dihargai. gw dianggap gk penting. gw kalau sekolah, kerja, olahraga dll jd bhn ejekan teman.

    • Wa’alaikum salam WrWb.
      Sblmnya agan prnh merasa bersalah ga sama seseorang? atau siapapun?. gan stiap prmasalahan manusia itu ngga jauh dr prbuatannya sndiri, kalopun blm prnh merasa Salah, berarti saat itu juga Tuhan sedang menguji kesabaran agan. Insya allah di balik smua itu akan indah pada waktunya :)

  10. ass.. knp gw dh beberapa thn sering tahajud, puasa, dzikir dll tp nasib tdk berubah. tetap saja nasib gw spt org bodoh dan lemah. gw nyari jodoh dan rejeki tdk becus. gw sering dijahati org tanpa sebab yg jelas. gw kurang dipedulikan dan kurang dihargai masyarakat dll. gw juga sering sakit. penyakit yg paling berat buat gw adalah vertigo krn bkin gw tdk mampu nyari jodoh dan rejeki krn tiap hari kepala pusing. kalau gw sakit jarang ada org mau menjenguk. lebaran thn ini juga gw tdk punya uang sepeserpun. kalau lebaran.. tetangga, kerabat, teman juga jarang ada yg mau silaturahmi dg gw. gw dianggap tdk penting.

    • Sblmnya agan punya salah/sikap yg mngkin ngga di sengaja shingga membuat org lain brsikap spt itu dg Agan?

  11. gw sering dijahati org bukan krn gw berbuat salah kpd org tp krn gw nampak lugu dan klemar klemer shg org2 tdk ada yg takut kpd gw. org2 dg leluasa berbuat jahat kpd gw. semakin gw baik kpd org, org semakin jahat kpd gw.

    • Mungkin agan di nilai baik/asik, tp disisi lain agan seperti di remehkan. bs aj atas kebaikan agan di salah artikan. hrsnya agan bs mnyesuaikan kpn agan baik & asik sm siapapun, dan kpn agan hrs tegas. agar org lain tau, kalo agan bukan org sembarangan :)

  12. alhamdulillah setelah saya mendengarkan cerita ustad mansyur tentang kehebatan bersedekah..saya coba menerapkanya..dan hasilnya sangat luar biasa..jujtur setiap kali saya bersedekah saya memang selalu berharap dan menunggu allah akan membalasnya..janji allah memang benar,dia menepathinya..saya pada saat itu menginginkan anak..ga lama dari itu istri saya skarang sdang mengandung ,saya amat senang dan bersyukur yg luar biasa,wajar hampir 4 thn saya menikah tp blm juga dibferi momongan…buat agan-agan yg sdh menikah tp belum jg diberikan momongan coba ikutin saran saya tp jangan lupa sholat 5 wktu dan tahajudnya,insya allah..

  13. tooos….!!
    sy jg pernah ngalami mirip spt itu. matematika emang g berlaku dalam ilmu sedekah ya kak.

Comments are closed.